IBX59EBBF29E0F5A Waspada, Kenali Penyakit Gejala Gangguan Autoimun Sejak Dini - Crsytall - Crsytall

Waspada, Kenali Penyakit Gejala Gangguan Autoimun Sejak Dini

 

Sebagian bagi anda mungkin belum mengetahui dengan jelas apa itu sistem imun. Sistem imun itu sendiri adalah suatu organisasi kompleks yang berada dalam tubuh yang fungsinya untuk mencari atau menghancurkan kuman penyebab penyakit dalam tubuh dan biasa juga disebut sebagai penyusup serta  termasuk penyakit yang menular.

Penderita yang terkena gangguan autoimun ini biasanya seringkali mempunyai antibiotik yang tidak biasa, dan bahkan bisa beredar di dalam darah serta menargetkan jaringan tubuh itu sendiri. Namun, tak semua penyandang gangguan autoimun tersebut menyadari bahwa mereka memiliki kondisi demikian, sehingga sangat penting untuk kita bisa memahami jenis dan gejala gangguan autoimun tersebut. Berikut yang perlu anda ketahui mengenai gejala ataupun gangguan autoimun di antaranya adalah :

Radang Sendi

Yaitu Rheumatoid Arthritis (RA). Yang mana gejala penyakit tersebut tergolong sangat kronis dan biasanya menyebabkan adanya peradangan pada sendi serta terhadap jaringan yang meliputinya. Bahkan RA ini dikatakan juga dapat berpengaruh buruk buruk pada organ-organ lainnya. Tanda awal yang dapat kita ketahui tentang RA adalah terjadinya nyeri pada sendi dan otot, merasa lemas serta lemah, hilangnya nafsu makan, serta sendi tersebut akan terasa kaku apalagi pada waktu pagi hari.

 

Dan gejala lebih lanjutnya pun bisa meliputi pada peradangan serta adanya tanda kemerahan pada kulit. Merasa demam ringan, gangguan pada paru-paru, sulit untuk menggerakkan tangan dan kaki yang bisa dibilang mati rasa serta kesemutan. Salah satunya lagi muka terlihat pucat serta mata terasa panas dan gatal. Penyakit ini bisa saja terjadi pada siapapun, walaupun sebelumnya penelitian pernah mengatakan jika wanita lah yang rentan sekali terkena penyakit tersebut. Sebaiknya bagi perokok juga harus berhati-hati, karena perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

Multiple Sclerosis

Yang mana penyakit tersebut maksudnya adalah penyakit yang bisa mengakibatkan autoimun menjadi pecah dan merusak zat lemak pelindung saraf yang ada di otak dan sumsum tulang belakang.Pada awalnya gejala ini terjadi dengan adanya rasa pusing yang diakibatkan kelelahan, mati rasa ataupun lemah hanya di satu sisi tubuh, penglihatan berkurang dan terasa kabur, keseimbangan tidak teratur atau sedikit goyah, bahkan usus atau kandung kemih pun juga sedikit bermasalah.

Penyakit yang satu ini umumnya terjadi pada kalangan mereka yang berkisar dari umur 20-40 tahun, meski demikian penyakit ini tentunya juga saja terjadi pada semua usia. Dan perempuan bisa dikatakan terkena berisiko lebih tinggi daripada laki-laki.

Fibromyalgia

Autoimun yang satu ini bisa dibilang tergolong yang kronis, yang mana kondisi tersebut menyebabkan adanya nyeri tubuh yang bisa menyebar luas pada otot dan sendi. Misalnya saja seperti iritasi usus, gangguan pada keingatan, jantung terasa berdebar, insomnia, dan juga migrain berpanjangan.

Gejala ini sering dipicu oleh adanya faktor trauma pada fisik atau emosional, namun akan tetapi dari berbagai macam kasus belum ada penyebab yang bisa diidentifikasi lebih lanjut sebagai penyebab adanya dari gangguan tersebut.

Penyakit Celiac

Penyaki celiac yaitu suatu kondisi yang mana didalam tubuh tidak dapat menoleransi adanya konsumsi gluten. Dan gluten itu sendiri adalah semacam jenis protein yang terdapat pada bentuk gandum dan biji-bijian seperti rye, barley, dan triticale.Penyakit ini juga bisa terjadi pada siapa saja alias bisa terjadi pada semua usia. Namun gejala penyakit ini bisa dibilang cukup bervariasi pada setiap orang, antara lain seperti sakit perut, sembelit atau diare, berat badan kadang menurun dan bertambah, anemia, serta nyeri pada tulang.

Ulcerative Colitis

Adalah penyakit radang usus yang sebagian besarnya memengaruhi usus besar dan rektum. Tanda-tandanya seperti nyeri perut yang juga bisa mengakibatkan diare. Gejala lainnya juga terlihat dengan adanya mual dan muntah.Penyakit ini lazimnya terjadi pada mereka yang berusia antara 15 sampai 30 tahun dan pada usia 50 sampai 70 tahun.

Waspada, Kenali Penyakit Gejala Gangguan Autoimun Sejak Dini | fitrini | 4.5